Tanda-tanda Dan Efek Negatif Akibat Kurang Tidur


Akibat Kurang Tidur

Akibat kurang tidur sering tidak disadari oleh kebanyakan orang, yang kemudian baru disadari setelah efek buruknya dirasakan. Waspadai efek negatif kurang tidur di bawah ini :
  • Menurunnya konsentrasi
Ketika porsi tidur berkurang membuat konsentrasi menurun, apalagi jika pekerjaan kita membutuhkan konsentrasi pikiran. Konsentrasi terganggu terjadi ketika mulai kesulitan mencerna pelajaran sekolah atau haru mengingat tentang sesuatu.
  • Penurunan daya ingat
Ketika akurasi fungsi otak dibutuhkan misalnya dalam mengerjakan tugas-tugas, tubuh yang kekurangan tidur membuat otak sulit mengumpulkan informasi. sehingga otak akan kesulitan untuk menyimpan informasi penting.
  • Berkurangnya hormon melatonin
Ketikan tidur produksi hormon melatonin akan berlangsung untuk mengatur siklus tidur. Efek kurang tidur berarti menghambat proses sintesis melatonin. Melatonin adalah hormon yang meningkatkan efektivitas vitamin C, sebagai manfaat antioksidan penangkal radikal bebas.
  • Peningkatan berat badan
Dampak negatif kurang tidur terhadap nafsu makan berkaitan dengan hormon dalam tubuh. Tubuh yang tidak cukup mendapatkan waktu istirahat akan membuat nafsu makan melonjak akan meningkat drastis. Pola makan tanpa kontrol akan menimbulkan obesitas jika terjadi terus-menerus.
  • Rentan stress
Rasa lelah akibat kurang tidur setiap hari memicu terjadinya stress, amarah yang meledak-ledak dengan alasan tidak jelas dan kelihatan murung di saat aktivitas sehari-hari. Cara mengatasi stress yang baik secara alami dengan mengutamakan kecukupan istirahat.
  • Kantung mata membesar
Lingkaran gelap di bawah mata (kantung mata) dapat timbul karena berkurangnya kelembapan kulit karena efek kurang tidur. Cobalah untuk mengatasi insomnia dengan membuat tubuh lebih rileks sebelum tidur misalnya dengan mandi atau mengkonsumsi jenis teh chamomile yang tidak mengandung kafein.
  • Resiko diabetes
Dampak kurang tidur berkaitan dengan resistansi insulin, yaitu faktor penyebab gejala diabetes. Dari penelitian ditemukan beberapa fakta bahwa resistansi insulin yang tinggi terjadi ketika tubuh kekurangan waktu istirahat. Cara mencegah diabetes tidak bekerja secara efektif karena menghambat kerja hormon insulin.

Tanda-tanda Kurang Tidur

Akibat kurang tidur mungkin tidak akan terlihat dalam waktu dekat namun, akumulasi efek kurang tidur dapat berbahaya karena terus menerus menjadi kebiasaan buruk. Berikut ini beberapa tanda-tanda kurang tidur yang harus diwaspadai :
  1. Kehilangan konsentrasi saat berkendara – Ketika mendadak mengantuk saat berkendara, akan membuat konsentrasi berkurang. Tidak tidur selama 24 jam setara dengan efek negatif alkohol. Menurunnya konsentrasi karena hormon melatonin yang berkurang.
  2. Mudah lupa – Terkadang sering merasa tidak ingat akan sesuatu hal sangat mengganggu aktivitas, apalagi jika hal-hal yang penting. Hal ini merupakan pertanda kurang tidur yang kerap kali terjadi.
  3. Tidur panjang di akhir pekan – Ketika tubuh mulai lelah setelah sepekan melakukan aktivitas, tubuh seakan membutuhkan waktu tidur yang lebih lama namun, tidur panjang di akhir pekan tidak dapat mengganti waktu istirahat yang hilang di hari-hari sebelumnya.
Lebih baru Lebih lama