Cara Menghapus Properti Web pada Google Analytics


Google Analytics adalah layanan dari Google yang berfungsi sebagai alat untuk memperoleh dan melaporkan informasi lengkap tentang segala aktivitas dan statistik pada sebuah Blog/Web. Terdapat tiga komponen dalam akun Google Analytics. Yaitu Akun, Properti, kemudian Tampilan (Profile). Dengan email yang sama, kita bisa membuat lebih dari satu akun pada Google Analytics. Di dalam akun terdapat properti web,
dan di dalam properti terdapat tampilan/profile.

Saya mengalami hal menarik pada Google Analytics ini. Terdapat properti web yang sudah lama tidak terpakai yang membuat saya sedikit risih juga melihatnya. Sehingga saya pun ingin menghapus properti tersebut dari daftar. namun sedikit bingung juga menghapusnya. Akhirnya saya tahu caranya dan ingin membagikannya pada sobat.

Pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana cara menghapus properti pada Google Analytics? Mengapa hal ini perlu dibahas? Karena pada komponen akun dan tampilan terdapat pilihan untuk menghapus komponen tersebut, sedangkan pada properti tidak. Sudah saya katakan bahwa tampilan adalah bagian dari properti. Nah, trik untuk bisa menghapus properti web pada Google Analytics adalah dengan menghapus semua tampilan yang terdapat dalam properti. Maka properti tersebut pun akan ikut terhapus.


Cara Menghapus Tampilan (Profil) pada Properti Web pada Google Analytics


1. Masuk ke halaman Google Analytics.
2. Klik masuk di bagian kanan atas.
3. Pada halaman pertama Google Analytics, masuk ke bagian Admin.
4. Pilih akun di mana properti yang akan dihapus itu berada.
5. Pilih properti yang akan dihapus.
6. Kemudian pada bagian lihat/view, klik Setelan Tampilan.



7. Akan terbuka jendela Setelan Tampilan. Gulir sampai ke bagian paling bawah, kemudian klik Hapus Tampilan.


8. Kemudian akan muncul jendela persetujuan, maka konfirmasi dengan klik Hapus Tampilan.


Hapuslah semua tampilan yang terdapat dalam properti. Jika tampilan/profil pada properti sudah habis, maka anda juga telah Menghapus Properti Web dari Google Anaytics.

Lebih baru Lebih lama