Penjelasan, Sakit dada dibagian tengah.

Hari ini ketika bangun tidur saya merasa sakit/nyeri dada tepatnya dibagian tengah, selain itu ketika bernafas dada pun semakin terasa nyeri.  seketika saya panik dan berpikir apa ini ada hubungannya dengan rokok? karna saya termasuk perokok aktif. 
Lantas saya langsung bertanya kepada dokter. 
Setelah dijelaskan semua, ini jawaban yang saya dapatkan. 

Dokter : Nyeri dada dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, tidak selau berasal dari jantung, bisa juga disebabkan dari paru-paru, lambung, atau tulang dan persendian di daerah dada. Hal ini dapat terjadi terutama bila anda berusia muda (kurang dari 40 tahun).

Apabila gejala nyeri dada hanya muncul saat tidur miring atau posisi membungkuk maka gejala ini mengarah ke diagnosis adanya peradangan pada saraf di daerah iga (intercostal neuritis), kemungkinan diagnosis yang lain adalah peradangan rongga pleura (pleuritis), dan masalah pada persendian iga (costochondral syndrome / costo-chondritis). 

Apabila masalahnya hanya terletak pada masalah persendian dan otot di dada. Obat anti nyeri seperti ibuprofen (3 x 200 mg) per hari disertai dengan kompres hangat (hot packs) selama kurang lebih 10 menit dan pemijatan di otot dada/ bagian yang sakit biasanya sudah dapat membantu meredakan nyeri.

Apabila hal di atas tidak membantu, maka saya sarankan anda untuk memeriksakan diri guna mencari tahu penyebab nyeri dada tersebut. Biasanya dokter akan melakukan EKG (elektrokardiografi) atau rontgen dada untuk memeriksa apakah nyerinya berhubungan dengan masalah jantung / paru-paru.


Demikian semoga membantu, Terima Kasih.
Lebih baru Lebih lama